Shalawat Paling Ringkas: Shallallahu ‘ala Muhammad (saw)

Saya menyukai shalawat ini karena ringkas. Bisa diamalkan dengan cepat, mudah, di manapun, dan kapanpun, dengan banyak kali.

.

” Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Muhammad.”

Imam asy-Sya’roni berkata: “Rasulullah saw pernah bersabda: Barangsiapa membaca shalawat ini, maka ia telah membuka tujuhpuluh pintu rahmat untuk dirinya dan Allah akan menitipkan cintaNya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.”

Guru kami yaitu ‘Aliya al-Khawash berkata: “Hadis ini, beserta hadis sebelumnya, yaitu sabda Nabi saw: Paling dekatnya salah seorang kamu kepadaku adalah pada saat ia mengingatku dan membacakan shalawat untukku, , kami riwayatkan dari sebagian ahli ma’rifat, dari al-Khidhr as, dari Rasulullah saw. Dua hadis ini menurut kami berkualitas shahih dengan derajat keshahihan tertinggi, meskipun para ahli hadis tidak berani menetapkan kesahehannya karena rumitnya istilah yang mereka pergunakan, wallahu a’lam,

Adapun yang menguatkan pendapat ini adalah sebuah hadis yang dikutip oleh as-Sakhawi dari Majd al-Din al-Fairuz Abadi, penulis kamus terkenal, dengan menyandarkan sanad kepada Imam as-Samarqandi. Ia berkata: “Saya mendengar Qidhr dan Nabi Ilyas as berkata: Kami mendengar Rasulullah saw bersabda: Tidak seorang pun yang membaca: Shallallahu ‘ala Muhammad (Semoga Allah memberikan rahmatNya kepada Muhammad), kecuali bahwa manusia akan mencintainya walaupun sebenarnya mereka membencinya. Demi Allah, mereka tidak akan mencintainya kecuali setelah Allah’azza wa jalla mencintai dia.” Dan kami pernah mendengar Rasulullah bersabda dari atas mimbar: ” Barangsiapa membaca shqlawat ini makn ia telah membuka tujuhpuluh pintu rahmat untuk dirinya.”

Al-Hafidz as-Sakhawi juga menukil sebuah hadis dengan sanad tersebut bahwa Imam as-Samarqandi mendengar Khidhr dan nabi Ilyas as berkata: “Adalah pada bani Israil seorang nabi yang bernama Samuel. Dia dikaruniai kekuatan untuk mengalahkan musuh. Pada suatuhari ia pergiberangkat untuk menghancurkan musuh agamanya. Mereka (musuh-musuh- nya) berkata: “Orang ini adalah seorang penyihir; ia datang untuk mengelabui mata kita dan menceraiberaikan pasukan kita, maka hendaklah kita mengajaknya ke tepi pantai, lalu kita menghancurkannya.”Maka berangkatlah ia bersama empat puluh orang pasukan memenuhi tantangan mereka untuk bertempur di tepi pantai. Teman-temannya berkata: ” Apayangakan kita perbuat?” “Majulah, dan bacalah: Shallallahu ‘ala Muhamntad!” kataSamuel. Mereka pun menuruti nasehat- nya; maju dengan membaca shalawat. Keadaan menjadi berbalik sama-sekali; merekalah yang terdesak ke laut dan tenggelam ditelan ombak, semuanya tewas, tidak ada yang tersisa.”

As-Sakhawi juga meriwayatkan bahwa suatu hari, berangkatlah seorang laki-laki dari Syiria menuju Nabi saw Ia berkata: “Ayahku sudah renta, tapi ia ingin sekali melihat wajah- n\rl.” “Billnalah ia kepadaku.” Sabda Nabi. “Tapi ia tidak bisa melihat. ” Ia mengemukakan alasan.” Kat nknn kepadany a, b acalah: “Shallallahu’ala Muhammad dalam tujuh malam, maka in akanbisa melihatku dalam mimpi, sehingga kamu bisa meriwayatkan hadis dari aku.” Ia pun kemudian melaksanakannya dan melihat Nabi saw dalam tidurnya, dan hadis ini diriwayatkan olehnya.

.
Semoga manfaat.  wallahu a’lam.

Sumber: Sumber: Afdhal as-Shalawat ‘ala Sayyid as-Sadat, oleh Yusuf ibn Ismail an-Nabhani, versi terjemah: Bershalawat untu Mendapat Keberkahan Hidup, Muzammal Noer, Mitra Pustaka, Yogyakarta, 2003.

About these ads

29 thoughts on “Shalawat Paling Ringkas: Shallallahu ‘ala Muhammad (saw)

  1. Assalamu’alaikum

    Mas admin, klo sholawat ndak nyebut sayidina apa termasuk su’ul adab?

    memang sholawat diatas ringkas sekali tp yg saya takutkan yaitu su’ul adab kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW.

    –> wa’alaikum salam. kl anda ingin menambah sayidina, insya Allah tentu lebih baik (santun), tapi nggak jadi paling ringkas.

  2. assalamu ‘alaikum

    pengajian kaum ibu di lingkungan saya selalu membaca shalawat sebelum memulai acara. kemarin saya temukan di sini cuma tanpa musik tentunya

    kalau tidak keberatan, bisakah saya dapat teks arabnya, juga artinya.

    terimakasih banyak

    –> wa’alaikum salam wrwb. yg mana mas?

  3. asslkum..mau tanya apakah ada yg dicontohkan nabi muh saw ketika beliau masih hidup,lgsung dr beliau…..bukan yg dibikin2

    • to bocah,

      wa’alaikumslm,,
      apakah ada yg dicontohkan? jawabnya : ADA, banyak..

      mas, biasanya inilah pertanyaan awal dari wahabi/salafy sebelum menggugat pekerjaan yg sudah lazim di masyarakat kita.
      biasanya kalo sudah dijawab “ada”, mereka akan bilang : “yang dicontohkan aja banyak dan jarang dipraktekan, lho kok malah bikin yg baru2″ yg ga ada contohnya.

      semoga anda tidak termasuk mereka..

    • Nama Rasulullah jangan disingkat jadi nabi muh, tidak ada adab. Jadilah kita orang yang suka ber-Shalawat, jangan jd org yg anti shalawat. Amalkan dan istiqamah niscaya kt akan mendapat nikmat

  4. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Smg Alloh memberikan hidayah taufiq kpd antum…

    –> wa’alaikum salam wrwb. amien amien amien. terima kasih doanya. semoga demikian juga dengan anda. amien.

  5. Shalawat tersebut (Shalallahu ‘ala Muhammad artinya “Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Muhammad”) sungguh bacaan yang sangat indah. Sebagaimana yang di riwayatkan oleh Imam Al-Sya’rânî menuturkan bahwa Nabi Saw. Bersabda:

    “Barangsiapa yang membaca shalawat ini, berarti ia telah membukakan bagi dirinya tujuh puluh pintu rahmat, dan ditanamkan Allah kecintaan kepada dirinya dalam hati umat manusia.”
    Diceritakan, seorang penduduk negeri Syam datang meng-hadap Rasulullah Saw seraya berkata, “Ya Rasulullah, ayah saya sudah sangat tua, namun beliau ingin sekali melihat Anda.”
    Rasulullah menjawab, “Bawa dia kemari!”
    Orang itu berkata, “la buta, tidak bisa melihat.”
    Rasulullah lalu bersabda, “Katakanlah kepadanya supaya ia mengucapkan Shallallâhu ‘alâ Muhammdin selama tujuh minggu setiap malam. Semoga ia akan melihatku dalam mimpi dan dapat meriwayatkan hadis dariku.”

    Anjuran Rasulullah itu ditruti oleh orang tersebut. Benar saja, ternyata ia bisa bermimpi melihat Rasulullah Saw. Serta meriwayatkan hadis dari beliau.

    Mari kita bershalawat … ” Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Muhammad, sebanyak jumlah makhluk ciptaanNya, sebanyak keridhaan diriNya, seberat timbangan ArasyNya dan sebanyak hitungan kalimat-kalimatNya.”

    –> terima kasih.. komentar anda memantabkan kami. semoga kelimpahan rahmat-Nya selalu meliputi anda. amien.

  6. ~Sholallah ‘ala muhammad~

    Ya Allah Yang Maha Mulia,
    Ku menangis di dalam do’a
    Di dunia yang penuh fana
    bertemu Nabi yang mulia

    Tiada daya upaya
    merebut cinta setia
    Bagimu Nabi yang mulia
    Wahai harapan manusia

    Bergerak tiada upaya
    mengejar syafa’at di dunia
    Mengharap ridho semata
    menjadi umat setia

    Ya Allah pemilik hamba,
    masukkan ibu dan bapak
    bersama Nabi yang mulia
    duduk di dalam surga

  7. jgn terusik oleh kata2 yg menjengkelkn,toh orang ga tau semua tentang ilmu agama,semua hanya separo2..,yg penting keyakinan kita… jgn kepercayaan..

  8. assalamu`alaikum…., itu kan sholawatnya hanya tertuju pada nabi muhammad saja dan tidak menyertakan keluarganya….,

    Ibnu Hajar al Haitsami meriwayatkan mengenai hadits Rasulullah Saww dibawah ini :

    “Janganlah kalian bershalawat kepadaku dengan shalawat yang buntung.” Para sahabat bertanya. “Bagaimana shalawat yang buntung itu ?” Kemudian Rasulullah Saww menjawab. “Engkau mengucapkan Allahumma shalli ala Muhammad, kemudian engkau diam. Akan tetapi ucapkanlah, “Allahumma shalli ala Muhammad wa ala Alihi Muhammad.”
    (Ibnu Hajar al Haitsami, al Shawa’iq al Muhriqah, hal. 87 ; Allamah al Qanduzi, Yanabi al Mawaddah, hal. 6 ; Jawahir al Uqdayn)

    jadi bagaimana tanggapannya …..menurut penulis ?

    dan jika di tambah dengan jika di tambah dengan ” wa `ala ali muhammad ” tidak menjadi masalah kan ?

    –> Silakan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s